Mengajar Gaya Motivator
MENGAJAR GAYA
MOTIVATOR BERSAMA ARIS AHMAD JAYA
Oleh : Ari Rumbini
Aris Ahmad Jaya merupakan seorang motivator sekolah-sekolah
unggul di Indonesia , selain menjadi seorang motivator beliau juga sebagai
coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia untuk menemukan
kekhasan dan kekhususan . Aris Ahmad Jaya selama lebih dari 15 tahun menjadi
motivator untuk sekolah unggul seperti Labschool Kebayoran, Labschool Jakarta,
Sekolah Al Azhar seluruh Indonesia , Global Islamic School Condet, Global
Islamic School Serpong, dan sekolah unggul lainnya di Indonesia.
Aris Ahmad Jaya lahir di Pati 23 Februari 1974 . Pernah di
terima di dua universitas ternama di Indonesia tanpa tes yaitu di Institut
Pertanian Bogor ( IPB ) dan Universitas Gajah Mada ( UGM ) . Aris Ahmad jaya
menyelesaikan gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor
dan meraih gelar Magister Manajemen di UIKA Bogor tahun 2015 . Aris Ahmad Jaya
merupakan pendiri sekaligus CEO di lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang
bergerak di bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di
Indonesia serta lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di
Indonesia. Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan beberapa karya buku best
seller diantaranya buku 30 HARI MENCARI JATI DIRI yang telah terjual lebih dari
45.000 eksemplar , LOVE TOUCH PARENTING , QUOTES Auto Sugesti Power, Endorphine
Teacher , SPIRIT of SUCCESS dan buku lainnya. Aris Ahmad Jaya telah memberikan
berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia
seperti SUKSES ILMU, SUKSES KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN untuk Para Siswa , LOVE
TOUCH PARENTING bagi para Orang Tua serta MENGAJAR GAYA MOTIVATOR bagi para
Guru dan Pendidik. SEKOLAH-SEKOLAH UNGGUL yang telah bersinergi Bersama Aris
Ahmad Jaya di Indonesia SEKOLAH-SEKOLAH UNGGUL yang telah bersinergi Bersama
Aris Ahmad Jaya di Indonesia
Berdasarkan niat seseorang menjadi guru ada dua :
1.
Guru Betulan
Yaitu Guru yang memang dari awal ingin
mendidik dan mengajar/ bercita cita menjadi guru . Guru yang diidamkan yang memiliki energi unuk
mengajar,energi untuk bertemu dengan siswa dan menularkan keilmuannya.
2.
Gauru Kebetulan
Yaitu Guru yang kebetulan ada lowongan
mengajar, kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu pekerjan melamar
menjadi gurun dan kebetulan diterima, dari pada nganggur.
Berdasarkan kinerja ada 3 tipe guru :
1.
Guru Nyasar
Guru yang tidak punya arah/tujuan dan
menyesatkan karena murid – murid bisa membenci pembelajaran karena gurunya
tidak berenergi.
2.
Guru Bayar
Guru yang energinya terkait dengan
finansial , dia bekerja karena ada gaji. Sebatas karena ada urusan finansial
yang diperoleh. Semangatnya on of/naik turun berdasarkan bayaran/gaji.
3.
Guru Sadar
Guru yang kehadirannya menjadikan murid –
murid mencintai dirinya, pelajarannya dan kehidupan karena apapun yang keluar
dari mulut guru sadar adalah kata – kata yang mampu menyadarkan. Pembelajaran
menjadi menyenangkan, keilmuan menjadi mengasikan kehadirannya menyenangakan
dan kepergaiannya dirindukan.
4 Peran guru yang sesungguhnya
1.
Mengajar
2.
Mendidik
3.
Menginspirasi
4.
Menggerakan
Langkah - langkah gaya mengajar Motivator/
MGM
v
Jadilah guru yang Menarik dan menyenangkan
bagaimana menarik dan bagaimana menyenangkan ?
menariK dimulai dari apa yang terlihat menyenangkan dimulai dari apa yang
di rasakan Dengan menarik Guru memiliki daya Tarik, dengan menyenangkan Guru
memiliki daya menjadikan murid merindukan gurunya.
Untuk menarik guru harus mampu menunjukan bahwa dirinya layak untuk diijinkan
oleh anak didik.
Diijinkan adalah Ketika murid mengijinkan dirinya memperhatikan tidak sekedar
melihat mendengar dan tidak sekedar mendengarkan.
Guru harus mampu menjadi pribadi yang layak untuk diperhatikan dan didengarkan
Langkah pertama untuk menjadi pribadi yang menarik adalah guru memang
menarik, memiliki daya Tarik dan layak diijinkan.
Didalam pikiran anak didik ada dua pintu yaitu :
1.
Pintu mengijinkan
Yaitu Pintu terbuka Ketika anak didik mengijinkan ,mereka senang dan nyaman belajar
dengan gurunya
2.
Pintu tidak mengijinkan
Yaitu Pintu tertutup Ketika anak didik tidak suka dengan pembelajaran
gurunya dan tidak menyukai gurunya.
Untuk membuat siswa mengijinkan pembelajaran apapun yang kita berikan,
mereka harus menerima kita.agar siswa mau dan mampu menerima kita. Syaratnya
adalah harus menyenangkan. memahami bahwa
anak didik kita adalah orang yang berbeda dengan kita.
3 Langkah sederhana menjadi guru yang menarik dan menyenangkan
·
Penampilan yang menarik dan menyenangkan
·
Perilaku
yang menarik
·
pribadi
yang menarik : layak diperhatikan dan layak didengarkan
Bagaimana agar siswa membuka pintu mengijinkan ?
·
Tersenyumlah / Masuk kelas dalam kondisi nyaman
apapun keadaannnya.
·
Sapalah dengan salam yang berbeda
·
Berikan Apresiasi
·
Berikan simulasi - simulasi sederhana
tepuk,game, tebak – tebakan dan lain – lain
Komentar
Posting Komentar